our product

our product
about us
8/30/2012

Surat Pernyataan Resmi Kalbe Nutritionals
8/30/2012

Pada tanggal 8 Agustus 2012 lalu tersiar kabar mengenai penarikan produk susu formula bayi Morinaga Jepang yang beredar di Hong Kong. Penarikan tersebut dikarenakan jumlah kandungan Yodium yang terdapat di dalamnya tidak sesuai dengan aturan standar Codex FAO/WHO.

 

Produk yang teridentifikasi di Hong Kong tersebut  sesungguhnya adalah produk yang diperuntukkan bagi pasar domestik Jepang sehingga formulanya memang disesuaikan dengan kebutuhan nutrisi masyarakat Jepang serta aturan pangan yang berlaku di Jepang. Perbedaan kondisi, kebutuhan nutrisi dan regulasi ini yang menyebabkan munculnya beberapa perbedaan dengan standar dari Codex FAO/WHO. 

 

Bagaimana dengan di Indonesia? Produk susu bayi Morinaga yang beredar di Indonesia telah diformulasikan sesuai dengan aturan pangan yang berlaku di Indonesia (sehingga sesuai dengan kebutuhan nutrisi masyarakat Indonesia) dan juga selaras dengan aturan Codex dari FAO/WHO. Susu formula Morinaga yang dijual di Indonesia memiliki kandungan Yodium yang sudah sesuai dengan aturan-aturan tersebut. Standar Yodium dari BPOM berada dalam rentang 10mcg/100kkal - 60mcg/100kkal, sedangkan hasil analisa produk Morinaga Indonesia adalah 18,97mcg/100kkal - 27,71mcg/100kkal.

 

Kandungan nutrisi yang terdapat dalam produk susu bayi Morinaga, termasuk Yodium, diawasi secara ketat dan berlapis melalui suatu sistem manajemen kualitas yang terstandar, mulai dari tahap formulasi, tahap registrasi ke Badan Pengawas Obat & Makanan RI (BPOM) hingga pengawasan berkala.

 

Pada tahap formulasi, Kalbe Nutritionals melakukan formulasi produk agar sesuai dengan spesifikasi dan regulasi yang berlaku. Pada tahap registrasi di BPOM, hasil analisa produk Kalbe Nutritionals diperiksa oleh BPOM sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pada tahap monitoring, Kalbe Nutritionals melakukan monitoring secara periodik untuk memastikan bahwa produk yang dihasilkan senantiasa sesuai dengan regulasi yang berlaku.

 

Seluruh proses produksi dan pengemasan susu formula bayi Morinaga yang dijual oleh Kalbe Nutritionals di Indonesia menggunakan fasilitas yang berada di Indonesia (Kalbe Morinaga Indonesia) dengan pengawasan dan bantuan teknis dari Morinaga Jepang. Proses produksi & pengemasan termasuk dalam lingkupQuality dan Food Safety Management System yang sudah disertifikasi oleh lembaga sertifikasi internasional. Kalbe Nutritionals juga sudah mendapatkan sertifikat Cara Produksi yang Baik dari BPOM seperti yang dipersyaratkan dalam Peraturan di atas.

 

Kalbe Nutritionals sebagai perusahaan nasional di bidang nutrisi, yang lahir dan tumbuh berkembang di bumi Indonesia, sangat peduli pada kecukupan gizi masyarakat Indonesia khususnya para Generasi Platinum sebagai calon-calon penerus bangsa. Kami sangat menghargai dan akan terus berupaya untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia.

 

Pastikan Anda membeli produk susu bayi Morinaga yang diproduksi oleh Kalbe Nutritionals untuk pasar Indonesia karena setiap negara memiliki keunikan, kebutuhan nutrisi dan aturan pangan yang berbeda dengan negara lain.

 

Untuk Detail surat dapat Anda baca dibawah ini:

 

Jakarta, 14 Agustus 2012

 

Kepada Yth :

Konsumen Setia Produk Morinaga

 

Dengan Hormat,

 

Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bapak/Ibu dalam menggunakan rangkaian produk Kalbe Nutritionals untuk menunjang kesehatan keluarga.

 

Pada 8 Agustus 2012 yang lalu, diberitakan tentang penarikan susu infant formula Morinaga di Hong Kong, yang diproduksi di Jepang. Susu infant formula tersebut mempunyai nilai gizi Iodium yang tidak sesuai dengan regulasi setempat (Hong Kong). 

 

Kalbe Nutritionals mempunyai Quality Management System untuk memastikan produk sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pemenuhan terhadap nilai gizi Iodium dilakukan secara berlapis, melalui tahap formulasi, tahap registrasi ke Badan Pengawas Obat & Makanan RI (BPOM) dan monitoring periodik.

 

Pada tahap formulasi, Kalbe Nutritionals melakukan formulasi produk agar sesuai dengan spesifikasi dan regulasi yang berlaku. Pada tahap registrasi di BPOM, hasil analisa produk Kalbe Nutritionals diperiksa oleh BPOM sesuai dengan regulasi yang berlaku. Pada tahap monitoring, Kalbe Nutritionals melakukan monitoring secara periodik untuk memastikan bahwa produk yang kami hasilkan sesuai dengan regulasi.

 

Peraturan Badan Pengawas Obat & Makanan RI (BPOM) No. HK.03.1.52.08.11.07235 Tahun 2011, mengatur tentang pengawasan formula bayi & formula bayi untuk keperluan khusus. Pada butir 3.1.3 e, mengatur kandungan mineral & trace element termasuk kandungan/nilai gizi Iodium.

 

Seluruh proses produksi dan pengemasan susu infant formula Morinaga yang dijual oleh Kalbe Nutritionals di Indonesia,  menggunakan fasilitas yang berada di Indonesia (Kalbe Morinaga Indonesia , bisa dilihat pada kemasan produk) dengan pengawasan dan bantuan teknis dari Jepang. Proses produksi & pengemasan termasuk dalam lingkup Quality dan Food Safety Management System yang  sudah disertifikasi  oleh lembaga sertifikasi internasional. Kalbe Nutritionals juga sudah mendapatkan seritifikat Cara Produksi Yang Baik dari BPOM seperti yang dipersyaratkan dalam Peraturan di atas.

 

Susu infant formula Morinaga yang kami formulasikan dan kami produksi sudah sesuai dengan Peraturan tersebut di atas.

 

Demikian informasi ini kami sampaikan, selanjutnya apabila ada hal lain yang ingin Bapak/Ibu  tanyakan, silakan menghubungi Customer Service Officer  Kalbe Nutritonals dengan  nomor telephon 08001402000 pada hari kerja SeninJum’at pukul 08:00 – 16:30 WIB  dan hari Sabtu pukul 08:00 – 12:00. WIB , atau dapat mengirimkan email melalui alamat customer@kalbenutritionals.com serta  dapat mengunjungi website kami di www.kalbenutritionals.com

 

 

Atas perhatian Bapak/Ibu,  kami mengucapkan terima kasih.

 

 

Aloysius Marwata                                                                                   

Quality Assurance